Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Setalah seorang wanita dinyatakan positif hami, pastinya akan banyak yang perlu mereka lakukan demi menjaga kehamilannya termasuk pola makan. Terdapat beberapa asupan yang tidak disarankan dan ada pula asupan yang memang harus dikonsumsi. Ini yang membuat para ibu muda ragu. Contoh asupan yang masih dijadikan perbincangan mengenai boleh tidaknya dikonsumsi oleh ibu hamil ialah madu. Banyak pertanyaan bolehkan ibu hamil minum madu tiap hari ? serta apa manfaat madu untuk ibu hamil ?

Walaupun madu sebenarnya termasuk salah satu herbal alami dari alam, tapi terdapat kandungan yang terkadang dianggap tak sepenuhnya aman dikonsumsi. Bahkan anak yang umurnya dibawah 1 tahun tidak dibolehkan minum madu. Sebenarnya madu itu tidak dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Pada dasarnya madu membantu memberikan nutrisi serta meningkatkan asupan kalori yang aman. Nah untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan dibawah ini dengan seksama tentang manfaat madu bagi ibu hamil.

Berikut Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Terdapat banyak sekali kandungan senyawa yang ada pada madu. Senyawa senyawa tersebut pastinya mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Nah berikut khasiat madu bagi ibu hamil :

Sebagai Sumber Kalori

Madu mempunyai rasa manis yang asalnya dari sukrosa, jenis gula yang lebih aman daripada glukosa. Kandungan sukrosa yaitu vitamin B kompleks, zat besi yang akan memenuhi kebutuhan kalori pada ibu hamil. Sukrosa dapat menjadi pilihan sumber energi yang sehat, vitamin B kompleks merupakan stimulan bagi sel sel dalam menjalankan metabolisme, dan zat besi untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi. Cara minum madu saat hamil sangat gampang, dapat diminum langsung atau dicampur air.madu untuk ibu hamil

Menguatkan Kehamilan

Manfaat madu untuk ibu hamil muda berikutnya adalah menguatkan kehamilan. Pada saat kehamilan ada 6 hormon yang bisa menentukan kesehatan janin. Seperti dua diantarannya hormon HPL dan HCG, keduanya berfungsi menjaga pelekatan telur di dinding rahim, membantu perkembangan telur, dan lainnya. Dan ternyata didalam madu terkandung senyawa yang akan membantu memroduksi kedua hormon ini. Jadi memang tidak ada salahnya ibu hamil mengkonsumsi madu.

Mengurangi Rasa Mual

Pada ibu hamil pada trisemester pertama biasanya mengalami mual, nah manfaat madu untuk ibu hamil trisemester pertama adalah mengurangi rasa mual. Meningkatnya hormon HCG pada semester awal akan mendorong rasa mual. Didalam madu terkandung vitamin B yang akan memberikan stimulant relaks yang akan mengendalikan kondisi hipotalamus di otak. Dan ini akan mengendalikan efek rasa mual dan menjadikan titik keseimbangan otak terjaga dengan baik.

Mengurangi Stress dan Insomnia

Manfaat madu untuk ibu hamil 9 bulan adalah untuk mengurangi rasa stres dan insomnia. Didalam madu terdapat kandungan yang bernama tryptophan yang kerjanya memicu tubuh untuk memproduksi hormon serotonin yang fungsinya membantu ibu hamil agar tidurnya nyenyak. Pada beberapa ibu hamil hormon serotonin memicu efek lapar, jadi ibu hamil akan memiliki nafsu makan yang tinggi. Secara psikologi makan akan mengurangi rasa marah, murung, dan sedih.

Mencegah Kram

Beberapa ibu hamil mengeluh masalah kaki yang mudah kram begitu menginjak trisemester ketiga kehamilan. Ini merupakan efek ukuran perut yang membesar serta sirkulasi darah kearah kaki tidak lancar. Kandungan natrium, magnesium, dan vitamin B pada madu akan membantu mengatasi kondisi kram tersebut. Madu akan bekerja mengembalikan kondisi cairan dalam tubuh serta mengembalikan kondisi sirkulasi darah. Jadi minumlah madu untuk mengurangi kram kaki. Baca juga: Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Masih ada lagi manfaat madu untuk ibu hamil lainnya seperti mencegah hipertensi, meningkatkan imunitas ibu hamil dan sebagainya. Semoga penjelasan diatas memberikan manfaat yang baik untuk Anda semua. Terimakasih.

Wisaksil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *